Komponen-komponen computer

Komponen-komponen computer terdiri dari 4 macam yaitu:

  1. ALAT INPUT

–  Touch screen

Touchscreen merupakan sebuah display/layar yang digunakan untuk mengetahui keberadaan dan lokasi suatu “sentuhan” di dalam suatu area dengan membaca titik-titik koordinat dari sumber sentuhan yang menempel pada layar.

Gambar :

Gambar

–   Light pen

Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor).

Gambar :

Gambar

–   Track ball

Merupakan perangkat yang sejenis dengan mouse atau stylus. Alat ini mirip mouse yang dibalik dan digunakan dengan menggelindingkan bolanya.

gambar :

Gambar

–  Keyboard

Keyboard adalah perangkat keras pada komputer yang berbentuk papan dengan berbagai macam fungsi perintah yang selanjutnya dikirim ke perangkat CPU.

gambar :

Gambar

– Mouse

Mouse merupakan perangkat yang digunakan untuk memasukkan data dengan cara menekan tombol klik.

Gambar :

Gambar

–  Scanner

Scanner adalah perangkat yang sangat membantu. Dengan adanya scanner, kita bisa menduplikat hardcopy seperti makalah, kertas, foto dalam bentuk digital ke komputer.

Gambar :

Gambar

–    Bar code wand

Barcode merupakan instrumen yang bekerja berdasarkan asas kerja digital.

Gambar :

Gambar

–    Floppy disk drive

adalah sebuah perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan lentur dan dilapisi lapisan plastik berbentuk persegi atau persegi panjang.

gambar :

Gambar

–  Pointing device

Merupakan perangkat yang berfungsi untuk masukan, dan sering disebut juga dengan istilah input unit.

Gambar :

Gambar

–   Digital camera

Kamera digital adalah kamera yang tidak tergantung pada film negative (klise).

Gambar :

Gambar

–   Cd rom

CD-ROM kepanjangan dari compact disk read only memori yang artinya bahhwa CD-ROM drive hanya bisa digunakan untuk membaca sebuah CD saja. Secara gari besar CD-ROM dibedakan menjadi 2 menurut tipenya yaitu : ATA/IDE  dan SCSI.

Gambar :

Gambar

–         Optical data reader

Gambar :

Gambar

–         DLL.

2. ALAT PROSES

–   Prosesor

Prosesor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah system computer dan digunakan sebagai otak atau pusat pengendali yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.

Gambar :

Gambar

–   Memory

Memori computer merupakan bagian terpenting dari komponen komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan informasi yang harus diatur dan dijaga sebaik-baiknya.Memori

Gambar :

Gambar

–  Mother board

Motherboard atau mainboard merupakan papan utama dimana terdapat komponen-komponen serta chip controller yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam sistem motherboard.

Gambar :

Gambar

     3.  ALAT OUTPUT

–  Printer

Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya.

Gambar :

Gambar

–  Speaker

Speaker merupakan salah satu perlalatan output komputer berbentuk kotak atau bulat dengan kemasan unik yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan berupa suara dari komputer.

Gambar :

Gambar

–   Monitor

Monitor adalah output device / alat keluaran yang berfugsi untuk menampilkan gambar pada layar. Gambar yang ditampilkan berasal dari proses grafis yang dilakukan oleh VGA Card.

       Gambar :

Gambar

–   Plotter

Plotter Adalah Sejenis Printer Tetapi Memiliki Ukuran Yang Besar yang Di Ciptakan Untuk Mencetak Design CAD-GIS-Architech-Construction-Engineering-Foto-Poster-Banner-Neon box Dll.

Gambar :

Gambar

–    Cd-RW

merupakan akronim dari “compact disc read-only memory” adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data. Ukuran data yang dapat disimpan saat ini bisa mencapai  700MB atau 700 juta bita CD-ROM drive hanya bisa digunakan untuk membaca sebuah CD saja.

Gambar :

Gambar

–   DVD-RW

merupakan akronim dari “compact disc read-only memory” adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data.

Gambar :

Gambar

–   Floppy disk drive

floppy disk adalah media penyimpanan data yang terdiri dari disk tipis, fleksibel (“floppy”) media penyimpanan magnetik terbungkus di shell plastik persegi atau persegi panjang.

Gambar :

Gambar

   4. MEDIA PENYIMPANAN

–  Harddisk

Hardisk merupakan piranti penyimpanan sekunder dimana data disimpan sebagai pulsa magnetik pada piringan metal yang berputar yang terintegrasi.

Gambar :

Gambar

–   Disket

   disket (bahasa Inggris: floppy disk) adalah sebuah perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan lentur dan dilapisi lapisan plastik berbentuk persegi atau persegi panjang.

       Gambar :

Gambar

–   Flash memory

Flash Memory merupakan perangkat yang berfungsi untuk menyimpan data pada perangkat mobile devices, seperti HP, PDA, MP3 Player, Digital Camera, Printer dan lain-lain.

Gambar :

Gambar

– Thumb drive

gambar :

Gambar

By edizon123

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s